Annual Meeting 2015

Annual Meeting (AM) Asosiasi Teolog Indonesia (ATI) merupakan wadah berkumpulnya para teolog Indonesia dan kesempatan untuk berdialog perihal isu-isu aktual maupun riset-riset yang sedang berkembang di bidang teologi dan ilmu-ilmu yang terkait lainnya. Pada tahun 2015 ini, AM ATI telah berlangsung selama dua tahun dan diharapkan dapat menjadi kegiatan tahunan yang berkesinambungan. 

AM ATI kedua (tahun 2015) diawali dengan dibukanya call for papers bagi siapa saja yang berminat untuk berbagi riset yang sedang dikerjakan melalui presentasi ilmiah. Ada sepuluh orang yang merespons dengan mengirimkan paper mereka dan kemudian diseleksi oleh panitia. Selain itu, ada juga beberapa pembicara yang diundang secara khusus untuk berkontribusi di dalam bidang keahlian masing-masing. 

Tema yang diusung oleh AM ATI kedua adalah “Perenungan Identitas Diri dan Sang Lain: Gerakan Oikumene dan Percakapan Antar-Iman.” Ada empat sesi panel yang membahas tema dari beberapa perspektif: Sistematika dan Praktika, Biblika, Studi Islam, dan Agama dan Masyarakat. Selain itu ada satu sesi panel ahli dan juga sesi khusus. 

Kegiatan AM ATI kedua dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 6 Agustus 2015 di Wisma LPPS Samirono Baru, Yogyakarta dan diikuti oleh lebih dari 70 peserta, lebih banyak dari kegiatan AM ATI pertama tahun 2014. Para peserta terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi teologi, baik strata satu (S1), magister (S2), hingga strata tiga (doktoral), maupun dosen-dosen dari pelbagai sekolah teologi ataupun fakultas Kristen di Indonesia. Selain itu, ada juga peserta yang berstatus sebagai pendeta jemaat maupun guru agama Kristen. 

Kendati  berfokus pada ranah akademis, namun AM  ATI juga disiapkan sebagai sebuah kesempatan untuk berjejaring di antara teolog-teolog Indonesia. Oleh karena itu, model kegiatan tidak melulu akademik melainkan diisi juga dengan kegiatan kebersamaan seperti field trip

Sesi-sesi yang Dilakukan

Sesi 1 – Perspektif Sistematika dan Praktika 

Yan O. Kalampung (Universitas Kristen Duta Wacana) – “Memaknai Relasi dengan Sesama Ciptaan: Sebuah Kajian Ekumenisme Partisipatif di Asia berdasarkan pemikiran Meister Eckhart dan Ibn Al’-Arabi”

Boydo Rajiv Hutagalung, S.Si (teol.) (Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat) – “Implikasi Pemikiran Kristologi Logos dalam Bingkai Perspektif Teologi Proses Terhadap Relasi Antar Agama”

Dr. (cand.) Anil Dawan M.Th. (Universitas Airlangga) – “Merajut Spiritualitas Transformatif: Upaya Membangun Gerakan Oikumene dari Perspektif Theologia Praktika/Pembangunan Jemaat”

Paulus Eko Kristianto, S.Si (teol.) (Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara) – “Pendidikan Kristiani dalam Perenungan Identitas Diri dan Sang Lain:Gerakan Oikumene dan Percakapan Antar Iman”

Sesi 2 – Perspektif Studi Islam

Dr. (cand.) Abraham Silo Wilar (Indonesian Consortium for Religious Studies) – Khatam an-Nabiyyin (Seal of the Prophets) in Q.33:40: One Text, Multiple Readings

Dr. (cand.) Elia Tambunan, S.Th., M.Pd. (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga) – “Kontrak Politik Kristen dan Islam: Oikumene dan Gerakan Sosial Politik”

Hans A. Harmakaputra, M.A. (Boston College) – ”’Non-Muslim’ di dalam Diskursus Sosial-Politik Indonesia di era Post-Islamisme: Kontroversi Gubernur Non-Muslim di Jakarta”

Sesi 3 – Perspektif Biblika

Yamres Pakniany, S.Si. (teol.) (Institut Pertanian Bogor) – “Satu Kata Yang Sama: Mengasihi Tuhan dan Sesama (Satu Kajian Intertekstual Hermeneutik Terhadap Injil Markus 12:28-34 dan Surat Ali Imran 3:92 dalam Rangka Membangun Perdamaian)”

Asigor Sitanggang, Ph.D (Sekolah Tinggi Teologi Jakarta) – “Perjumpaan dengan ‘Yang Lain’ dalam PB. Sebuah kajian analitis-deskriptif.”

Ira Desiawanti, Ph.D. (Universitas Kristen Satya Wacana) – “Perempuan Molo, Alam dan Tambang Marmer: Analisa Poskolonial Feminis Terhadap Perjuangan Perempuan Molo untuk Memelihara Alam sebagai Upaya Memelihara Diri”

Panel Ahli

Prof. Banawiratma (Universitas Kristen Duta Wacana) – ”Overlapping Identity: Memahami Identitas Yang Terbuka di Era Pascadenominasi dan Pascaagama

Wiwin Siti Aminah, M.A. (Institute for Inter-Faith Dialogue in Indonesia) – “Kemajemukan, Toleransi dan Persaudaraan (Konsep the Other dalam Islam)”

Joas Adiprasetya, Th.D. (Sekolah Tinggi Teologi Jakarta) – “Keseharian dan Perjumpaan dengan Sang Lain”

Sesi Khusus

Daniel Madigan, Ph.D., SJ. (Georgetown University, Washington DC) – “The Basic Structure of Christian Theology in Conversation with Islam”

Sesi 4 – Perbincangan Agama dan Masyarakat dari Beragam Perspektif

Togardo Siburian, D.Th. (Sekolah Tinggi Teologi Bandung) – “Menuju Beragama yang Berperadaban: Perspektif Injili”

Gusti A. B. Menoh, M.Hum. (Universitas Kristen Satya Wacana) – “Relevansi Etika Diskursus Jurgen Habermas bagi Dialog Inter-Religius”

Suar Budaya (Gereja Komunitas Anugerah) – “Menghayati Kembali Identitas Iman Kristen Lewat Anateisme Dihadapan Sekularisme dan Nihilisme”

Rony C. Kristanto, Ph.D. (cand.) (University of Birmingham): “Gereja Karismatik dan Partisipasi Publik”

Field Trip

Para peserta mengikuti kegiatan field trip ke Ulen Sentalu yang merupakan museum raja-raja Jawa.

Sesi Studi Lanjut

Sesi ini merupakan sharing dari Ira Desiawanti dan Rony C. Kristanto perihal hal-hal yang perlu diperhatikan bagi mereka yang ingin studi lanjut di luar negeri. 

Kepanitiaan

Ketua

Toar Banua Hutagalung adalah Ketua ATI dan juga dosen luar biasa bidang teologi sistematika di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta. Saat ini ia merupakan mahasiswa program Doctor of Philosophy (Ph.D.) di Garrett-Evangelical Theological Seminary, Evanston, Illinois, USA. Ia berasal dari Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB)

Wakil Ketua

Suarbudaya Andi Rahadian adalah pendeta Gereja Komunitas Anugerah yang beraliran Reformed Baptis, Jakarta. Saat ini ia sedang menjalani program Visiting Pastor-Scholar di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta.

Bendahara

Kartika Diredja lulus dari program Magister Theologi Sekolah Tinggi Teologi Jakarta dalam bidang misiologi dan saat ini sedang menjalani program doktoral di institusi yang sama. Selain melayani sebagai dosen luar biasa bidang misiologi di STT Jakarta, ia juga aktif di gereja asalnya, Gereja Kristus Bogor, sebagai anggota Majelis Jemaat dan juga pelbagai pelayanan lainnya. Ia juga menjabat sebagai Bendahara ATI. 

Sekretaris

Indah Sriulina adalah mahasiswi program Magister di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta bidang teologi pastoral dan juga pengurus ATI. Ia berasal dari Gereja Batak Karo Protestan (GBKP).

Sie Acara

Hans Abdiel Harmakaputra adalah mahasiswa program Doctor of Philosophy (Ph.D.) dalam bidang teologi komparatif Kristen dan Islam di Boston College, USA. Saat ini ia menjabat sebagai Sekretaris ATI.

Sie Akomodasi dan Konsumsi

Dicky Andreanta Sembiring adalah mahasiswa program strata satu di Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana. Ia berasal dari Gereja Batak Karo Protestan (GBKP).

Sie Acara

Widianto Nugroho adalah mahasiswa program strata satu di Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana. Ia berasal dari Gereja Kristen Jawa (GKJ).

Sekretariat dan Perlengkapan

Adi Sih Nugroho adalah mahasiswa program strata satu di Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana. Ia berasal dari Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW)

Galeri Foto

id_IDIndonesian