Annual Meeting 2024


Informasi Mengenai Acara

Asosiasi Teologi Indonesia (ATI) akan menyelenggarakan Annual Meeting (AM) 2024 yang akan diadakan pada tanggal 6-8 Agustus 2024 di Tulip Guesthouse (lih. di sini). Tema yang akan diangkat pada AM ATI 2023 adalah “Sejarah, Memori, dan Teologi: Mengunjungi masa lalu, Menghidupi Masa Kini.” Pendaftaran dapat dilakukan pada akhir dari post ini.

Pembicara utama (Keynote Speaker) pada AM ATI 2023 ini adalah

  1. Pdt. Dr. Amos Sukamto adalah dosen di Sekolah Tinggi Teologi Inti, Bandung. Ia menyelesaikan pendidikan doktoral di Universitas Padjajaran dan telah menulis pelbagai artikel ilmiah di jurnal nasional dan internasional. 
  2. Pdt. Dr. Mery Kolimon adalah dosen di program Pasca Sarjana Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang. Ia menyelesaikan pendidikan doktoral di Protestantse Theologische Universiteit, Kampen. Setelah menjabat sebagai Ketua Majelis Sinode Gereja Masehi Injili di Timor selama dua periode, saat ini ia kembali melayani di UKAW. 
  3. Pdt. Dr. Yusak Soleiman adalah dosen dan kepala Pusat Dokumentasi Sejarah Gereja di Indonesia di Sekolah Tinggi Filsafat dan Theologi Jakarta. Ia menyelesaikan pendidikan doktoral di Vrije Universiteit Amsterdam. Sebagai kepala Pusat Dokumentasi Sejarah Gereja di Indonesia, ia berkontribusi aktif dalam digitalisasi dokumen-dokumen dari gereja-gereja Protestan Indonesia serta pengembangan studi sejarah gereja Indonesia.
  4. Pdt. Dr. Oinike Natalia Harefa adalah dosen di Sekolah Tinggi Teologi Banua Niha Keriso Protestan Sundermann, Gunungsitoli. Ia menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Jakarta tahun 2023 dengan disertasi berjudul Evangelism as Storytelling: Sebuah Rekonstruksi Penginjilan berdasarkan Perspektif Feminis Misiologis Pascakolonial di BNKP.
  5. Pdt. Drs. Gani Wiyono, M.Th. adalah dosen di Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti, Malang. Saat ini ia melayani sebagai direktur Pentecostal Research Center dan aktif melakukan penelitian terkait gereja-gereja Pentakosta di Indonesia. 

Biaya Registrasi:

  1. Peserta umum
    Biaya pendaftaran Rp. 600.000,00/orang (termasuk mahasiswa S3); Rp. 450.000,00/orang untuk mahasiswa S1 dan S2.
  2. Pemakalah
    Peserta Call for Paper (pemakalah) yang diterima mendapatkan diskon Rp. 100.000,00 untuk biaya pendaftaran, serta penggantian 75% uang transportasi.
  1. Peserta Audit
    Peserta audit adalah peserta yang tidak mendaftar pada waktu pendaftaran namun ingin mengikuti acara pada hari-H (tidak menginap). Mereka diminta untuk membayar kontribusi Rp. 150.000,00/hari. Sebagai catatan, peserta audit tidak mendapatkan makalah, sertifikat, dan juga konsumsi.

Biaya Kegiatan dapat ditransfer ke no rekening berikut:

Bank PANIN1302125512 a.n. Kartika.

Call for Paper

AM ATI juga mengajak Civitas Academica untuk berbagian dalam isu ini dengan mengirimkan karya tulisan. Berikut adalah ketentuan dari makalah tersebut:

  • Makalah berjumlah 5000-7500 kata, sesuai tema, dan menggunakan format Word (.doc/.docx).
  • Menyertakan informasi kontak (nama, nomor kontak, alamat surel), status (mahasiswa/i, guru, dosen, dst), dan institusi asal.
  • Makalah harus asli, belum pernah dan bukan dalam rencana untuk dipublikasikan.
  • Makalah yang diterima menjadi hak ATI untuk dipublikasikan.
  • Dengan mengirim naskah, calon pemakalah secara otomatis menyatakan bersedia hadir di tempat (in person) untuk mempresentasikan penelitian.
  • Bagi pemakalah terpilih, tersedia penggantian biaya transportasi dan potongan biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan ATI.
  • Diizinkan mengirimkan naskah dengan penulis berjumlah lebih dari satu orang (kompensasi transportasi sesuai dengan ketentuan ATI).

Usulan Topik

  • Peninjauan Kitab Suci dari perspektif sejarah (liturgi mula-mula, kredo, teks patristik, Kristianitas awal).
  • Konstruksi teologi melalui teori sejarah dan studi trauma. Panitia mendorong makalah yang menggali memori publik yang terkubur dalam sejarah masyarakat dan gereja.
  • Kajian terhadap sejarah gereja tertentu dalam keterkaitan dengan teologi secara luas.
  • Persinggungan sejarah umat Kristen Indonesia dengan isu-isu sosial, politik, ekonomi, dan budaya.
  • Studi kasus kekristenan di Indonesia, baik lokal maupun nasional, dengan perspektif trauma.
  • Studi interdisipliner tentang sains, memori, dan agama.
  • Hubungan antar-agama dalam konteks lokal.

Flyer Lengkap

Link Pendaftaran

Link Pendaftaran: bit.ly/am2024reg

Link Call For Paper: bit.ly/am2024cfp

Informasi Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Admin ATI

id_IDIndonesian